Pertama! Kapal Selam Buatan Indonesia Diuji di Banyuwangi

Home / Berita / Pertama! Kapal Selam Buatan Indonesia Diuji di Banyuwangi
Pertama! Kapal Selam Buatan Indonesia Diuji di Banyuwangi Uji coba kapal selam Alugoro di perairan selat Bali. (FOTO: Istimewa)

TIMESTUBAN, BANYUWANGIKapal selam pertama buatan Indonesia diuji kemampuan di perairan Banyuwangi.

Kapal selam ini tercipa melalui kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kendaraan tempur bawah laut hasil produksi dalam negeri ini bernama kapal selam Alugoro, Selasa (21/1/2020).

Rencananya, uji coba kemampuan kapal selam Alugoro ini akan dilakukan di Banyuwangi selama 6 bulan ke depan.

"Kita akan melakukan uji coba di Banyuwangi sampai Bulan Juni 2020," kata General Manager Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro.

Bukan tanpa sebab, alasan dipilihnya Banyuwangi sebagai tempat uji karena kedalaman perairan di selat Bali sangat cocok dan sesuai standar uji kelayakan.

"Kita melakukan pengetesan membutuhkan pertimbangan tertentu. Salah satunya ialah kedalaman laut 250 meter, ini bagian yang sangat krusial selama pengujian. Uji coba pertama berhasil dengan baik," katanya.

Tak hanya itu, keberadaan pelabuhan Tanjungwangi juga memiliki peran penting sebagai dasar tambahan diadakan tes ini. Selain dekat dengan kota, fasilitas yang tersedia juga dianggap sangat baik.

"Dermaga sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi. Sarana prasarananya cukup mendukung, kesiapan sumber listrik mendukung. Lokasi kita tidak jauh dari hotel dan rumah makan sehingga personel PT PAL maupun yang dari Korea merasa nyaman di Banyuwangi," imbuhnya.

Direktur pembangunan Kapal PT PAL Turitan Indaryo mengatakan, keberhasilan pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selamnya sendiri.

"Niat kami tidak hanya membeli, tapi juga bisa membangun. Tentu ini akan menjadi kemandirian dalam industri pertahanan Nasional," ungkapnya.

Menurutnya, kapal selam Alugoro ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kapal selam produksi luar negeri lainnya. Kemudian ini akan menjadi sebuah pilot project untuk pembuatan kapal selam selanjutnya.

"Tipe jenis ini sangat cocok dengan perairan Indonesia. Manuvernya bagus. Kita butuh lebih banyak sesuai dengan kebutuhan AL dan kementerian pertahanan," katanya. 

Setelah menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT), dan SAT, Kapal Selam Alugoro direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020.

Kapal selam Alugoro memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. Sejauh ini, uji coba Kapal Selam Alugoro untuk tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Banyuwangi berjalan dengan baik, dengan hasil selam sedalam 250 meter. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com