Rizal Ramli Kritik Keras Wacana Ahok Pimpin BUMN

Home / Berita / Rizal Ramli Kritik Keras Wacana Ahok Pimpin BUMN
Rizal Ramli Kritik Keras Wacana Ahok Pimpin BUMN Pengamat ekonomi, Rizal Ramli (FOTO: Rochmat Shobirin/TIMES Indonesia)

TIMESTUBAN, JAKARTARizal Ramli terang-terangan tak sependapat dengan rencana pemerintah menyisipkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke jajaran pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama dengan PT Pertamina yang paling santer diberitakan jadi tujuan.

"Saya bingung, mengapa Jokowi mencari masalah baru. Masalah udah banyak dia tambahin lagi dengan nunjuk Ahok karena Ahok tidak punya corporate experience," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu di Jakarta Pusat, Jumat (15/11).

Menurutnya, jika penunjukan Ahok didasarkan pada asas keterwakilan unsur Tionghoa dalam pemerintahan atau aset vital negara, maka banyak pilihan yang lebih baik dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Kalau mau misalnya, perlulah pejabat Tionghoa, banyak eksekutif yang bagus di perusahaan swasta, angkat tu jadi kepala badan ini, BUMN, ini bagus. Kalau perlu Chinese sebagai menteri, wakil menteri atau BUMN, cari, banyak eksekutif Chinese yang lebih canggih, smooth, bukan kelas Glodok," sindirnya.

Rizal mendasarkan penolakannya pada rekam jejak dan kontroversi Ahok yang ia anggap cukup panjang. Karena itu, ia menilai Ahok tak pantas diberi kepercayaan memimpin BUMN.

"Pembelian Rumah Sakit Sumber Waras, mengumpulkan dana-dana off budget yang sebetulnya ilegal berdasarkan undang-undang kita. Belum lagi kontroversinya, ngapain sih Pak Jokowi iseng banget. Ini orang bermasalah kok, kok iseng banget. Angkat jadi dubes itu lebih gampang," ujar Rizal Ramli menolak Ahok memimpin BUMN. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com