6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Home / Gaya Hidup / 6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit
6 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit ILUSTRASI - Minum Kopi. (FOTO: Freepik)

TIMESTUBAN, JAKARTA – Kopi bukan sekedar minuman mengandung kafein yang bermanfaat mencegah rasa kantuk. Kopi juga memiliki beragam manfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Tak harus diminum, Anda bisa mendapatkan manfaat kopi dengan cara mengolahnya menjadi masker maupun scrub.

Berikut ini manfaat kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit, seperti dilansir dari Her World.

1. Mengangkat sel kulit mati

Olahan bubuk kopi membantu pertumbuhan kulit baru dengan cara mengangkat kulit mati. Melansir laman Medical News Today, penelitian tahun 2013 menunjukkan zat asam caffeic dan antioksidan di dalamnya juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan sel. Dengan menggunakannya secara rutin, asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang bisa melindungi kulit terhadap kuman. 

2. Menyamarkan selulit

Masalah kulit ini tentu membuat wanita kurang percaya diri. Kini, Anda tak perlu cemas. Selulit bisa diatasi dengan kopi, lho. Dengan metode perawatan tradisional, scrub kopi bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang bisa membantu hilangnya selulit.

3. Menenangkan kulit

Zat antioksidan di dalam kopi bisa membantu menenangkan kulit yang stres. Saat dioleskan, efeknya akan diresap dan membuatnya tampak glowing dan fresh setiap selesai menggunakannya.

4. Menghilangkan kantung mata

Kandungan kafein memberikan efek mengencangkan sekaligus mengurangi penumpukan cairan yang biasanya terletak di bawah mata. Bahkan, zat klorogenik yang dimilikinya berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan yang sering terjadi di daerah mata. Olah kopi menjadi cairan, dan oleskan ke bagian yang ingin diubah.

5. Menghilangkan jerawat

Bersifat anti-inflamasi dan anti bakteri, kopi bisa melawan pertumbuhan jerawat. Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori sekaligus memproteksi kulit.

6. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari

Erat kaitannya dengan antioksidan dan polyphenols, kedua kandungan ini berkolaborasi dan bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebakan penuaan dini. Melansir laman Medical News Today, untuk mengatasinya bisa dengan cara meminum kopi atau mengoleskannya ke kulit.

Itulah berbagai manfaat kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Meski memiliki banyak manfaat, jangan konsumsi kopi secara berlebihan karena bisa berdampak buruk untuk tubuh. Selain itu, pastikan Anda tidak mengalami iritasi atau keluhan lain saat melakukan perawatan kulit dengan kopi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com