8 Makanan Sehat untuk Memperkuat Imunitas Tubuh

Home / Gaya Hidup / 8 Makanan Sehat untuk Memperkuat Imunitas Tubuh
8 Makanan Sehat untuk Memperkuat Imunitas Tubuh Ilustrasi - Tips memperkuat imunitas tubuh (FOTO: biostrath.id)

TIMESTUBAN, JAKARTA – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi makanan sehat. Salah satu cara paling sederhana menjaga imunitas tubuh bisa dimulai dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Berikut ini adalah bahan makanan yang dapat memperkuat sistem imunitas tubuh.

1. Brokoli

Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang kaya, mulai dari vitamin A, C, E, serta antioksidan dan serat. Salah satu cara terbaik menjaga kandungan bermanfaatnya tak terbuang sia-sia adalah dengan mengonsumsinya sealami mungkin.

2. Bawang putih

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat proses pengerasan arteri darah. Manfaat positif dari bawang putih untuk menjaga kekebalan tubuh berasal dari allicin yang mengandung sulfur di dalamnya.

3. Jeruk

Saat tubuh kita mulai terasa lemah, banyak yang menyarankan kita untuk segera mengonsumsi vitamin C. Salah satu sumber alami dari vitamin tersebut adalah buah jeruk yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

4. Bayam

Bayam tak hanya kaya akan vitamin C tapi juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang berguna melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Yogurt

Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D yang membantu daya tahan tubuh melawan bibit penyakit. Pilih yogurt yang plain/alami tanpa perasa buatan yang mengandung banyak gula dan sebagai gantinya, tambahkan buah-buah segar atau sedikit madu untuk membuatnya lezat dimakan dan jauh lebih sehat.

6. Kacang almond

Vitamin E mungkin tak sepopuler vitamin C saat orang ingin mencegah demam, padahal vitamin E termasuk kunci daya tahan tubuh. Vitamin E sendiri butuh bantuan lemak agar dapat terserap optimal di tubuh, kacang-kacangan seperti almond mengandung lemak sehat yang berguna untuk itu.

7. Pepaya

Pepaya juga termasuk buah-buahan yang kaya vitamin C. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki efek anti-peradangan, serta potassium, vitamin V, dan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan.

8. Kiwi 

Kiwi juga sumber nutrisi alami seperti folat, potassium, vitamin K dan C. Vitamin C mendorong sel darah putih melawan infeksi sementara kandungan nutrisi lain pada buah kiwi menjaga fungsi tubuh berjalan sempurna.

Delapan makanan sehat di atas bisa Anda konsumsi secara rutin. Selalu jaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com