Tips Tetap Sehat saat Shift Malam

Home / Gaya Hidup / Tips Tetap Sehat saat Shift Malam
Tips Tetap Sehat saat Shift Malam ILUSTRASI - Bekerja shift malam. (FOTO: Shutterstock)

TIMESTUBAN, JAKARTA – Bekerja shift malam memang memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan. Bagaimana tidak? Pekerjaan yang mengharuskan Anda mengubah pola jam tidur pasti membuat tubuh sering kali tidak fit dan mudah sakit.

Berikut tips untuk Anda pekerja shift malam dalam menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit, dilansir dari Klik Dokter.

1. Banyak Minum Air Putih

Asupan cairan dibutuhkan selama bekerja saat malam hari untuk menjaga tubuh tetap fit. Anda juga dapat lebih fokus dan semangat dalam bekerja. Selain itu, kurang cairan atau dehidrasi dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

2. Membayar Utang Tidur

Setelah semalaman tidak tidur, pastikan untuk mengganti utang tidur sebanyak jumlah tidur Anda yang semestinya. Misalnya, Anda tidak tidur selama 8 jam saat malam, sebaiknya tidur siang atau sore sebanyak 8 jam juga. Namun, jumlah jam ini tidak harus dibayar dalam sekali tidur. Anda dapat membaginya dalam dua waktu.

3. Tidur 30 Menit Sebelum Bekerja

Tidur 30 menit sebelum kerja akan membuat tubuh tetap segar saat bekerja malam. Namun, hendaknya tidak melebihi 30 menit karena ketika bangun justru Anda akan merasa pusing dan lelah. Jikapun melebihi 30 menit, sebaiknya menyelesaikan satu siklus tidur sekaligus yakni 90 menit.

4. Olahraga

Jangan malas berolahraga. Olahraga tetap harus dilakukan sekitar 2-3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Anda bisa berjalan kaki keliling kompleks, bersepeda, atau ikut kelas Zumba.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah Anda. Vitamin dan antioksidan di dalamnya akan menjaga tubuh tetap prima.

6. Minum Suplemen

Sebagai pelengkap, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, suplemen yang mengandung vitamin C atau squalane yang berasal dari ekstrak minyak hati ikan hiu. Keduanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama setelah begadang semalaman. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com