Tanpa Obat, Ini Cara Mudah Mencegah Stretchmark

Home / Gaya Hidup / Tanpa Obat, Ini Cara Mudah Mencegah Stretchmark
Tanpa Obat, Ini Cara Mudah Mencegah Stretchmark Stretchmark. (Glitzmedia.co)

TIMESTUBAN, JAKARTA – Pernahkah Anda kesal karena stretchmark di kulit? Meski tak terlihat orang lain, kelainan pada kulit yang ditandai dengan munculnya garis-garis berlekuk yang berbeda warna ini cukup membuat kesal. Lalu, adakah cara mudah mencegah stretchmark yang bisa dilakukan sendiri?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini cara mencegah stretchmark yang bisa Anda coba.

1. Mengatur berat badan

Mengatur berat badan bukan berarti menurunkan berat badan. Biasanya stretchmark terjadi pada orang yang gemuk atau obesitas karena terjadi peregangan pada kulitnya. Namun penurunan berat badan yang drastis akibat cara diet yang salah atau penyakit juga bisa menyebabkan stretchmark.

Maka dari itu, aturlah berat badan Anda dalam batas normal. Dan jika ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, lakukanlah secara perlahan.

2. Menggunakan pelembap

Kulit yang kering merupakan salah satu faktor yang meningkatkan kemungkinan stretchmark. Dengan menggunakan losion atau pelembap kulit, khususnya di bagian-bagian yang terdapat penumpukan lemak, menjaga kelembapan kulit dan dipercaya dapat mencegah stretchmark muncul.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Selain sebagai organ pelindung paling luar, kulit juga mempunyai peran untuk mengatur keseimbangan cairan melalui kelenjar keringat. Ketika Anda kekurangan cairan, maka kulit juga menjadi kering.

Maka, penuhilah kebutuhan cairan tubuh denan minum 8 gelas air sehari, agar kulit juga tetap lembap, halus dan terhindar dari stretchmark.

4. Konsumsi buah dan sayur

Selain protein yang penting untuk pembentukan kolagen, mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga penting untuk kesehatan kulit Anda. Buah dan sayur juga merupakan sumber yang kaya akan mikronutrien dan sudah disarankan Kementerian Kesehatan sebagai makanan yang harus ada pada menu sehari-hari.

Itulah empat cara mudah mencegah stretchmark. Jika stretchmark masih juga muncul, tetaplab konsisten melakukan hal di atas. Namun jika stretchmark tak juga hilang, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com