Surat Terbuka untuk Mas Menteri Pariwisata

Home / Kopi TIMES / Surat Terbuka untuk Mas Menteri Pariwisata
Surat Terbuka untuk Mas Menteri Pariwisata Menteri Pariwisata Wishnutama, (Istimewa)

TIMESTUBAN, JAKARTA – Mas Wishnutama Kusubandio yg baik. Senang banget jika mas Wishnu membaca surat terbuka ini.

Perkenalkan saya Immanuel Ustradi Osijo. Sehari hari saya bekerja sebagai pengajar  dan pelaku pariwisata (perjalanan wisata dalam dan luar negeri, tour leader+pemandu wisata freelance  dan  transportasi wisata).

Saya menyampaikan tentang keadaan teman-teman pelaku pariwisata di lini terdepan yang terkena dampak covid 19 (crew transportasi wisata, tukang cuci kendaraan wisata, pemandu wisata, tour leader, karyawan hotel/travel agent/tempat wisata yang dirumahkan, becak/dokar/perahu wisata, pedagang asongan oleh - oleh, atau siapapun itu yg telah dan pernah menikmati manisnya pariwisata). Dampak covid-19 teman-teman sama sekali tidak ada penghasilan dan kondisinya bertahap semakin sulit.

Mereka bertahan hidup dengan caranya masing-masing. Sulit diprediksi kapan berakhirnya pandemi ini dan pulihnya pariwisata. (keadaan tersebut untuk teman-teman yang 100 persen hidupnya dari pariwisata, tidak punya usaha atau pekerjaan lain).

Saya percaya mas Wishnu dapat meluangkan waktu sejenak menyapa dan memberi semangat teman-teman dengan memberi senyum yang paling manis, itu sudah lebih dari cukup, selain dari 3 langkah strategis yang telah mas Wishnu siapkan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia (tanggap darurat, pemulihan dan normalisasi). Mas Wishnu adalah Bapak dari mereka.

Demikian mas.. mohon maaf jika tidak berkenan, apalagi melalui surat terbuka ini.

Salam Pariwisata

 

Immanuel Ustradi Osijo

Kota Malang, 10 April 2020

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah minimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

*) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com