Fakta Menarik Jelang Laga Final Piala Gubernur Jatim 2020

Home / Olahraga / Fakta Menarik Jelang Laga Final Piala Gubernur Jatim 2020
Fakta Menarik Jelang Laga Final Piala Gubernur Jatim 2020 Final Match Piala Guberbur Jatim 2020, Persebaya vs Persija di Gelora Delta Sidoarjo. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESTUBAN, SURABAYA – Gelora Delta Sidoarjo akhirnya dipilih untuk menggelar laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya vs Persija. Stadion yang dibangun jelang PON XV/2000 itu merupakan stadion pembawa keberuntungan untuk Timnas Indonesia.

Stadion Gelora Delta pernah menjadi saksi atas keberhasilan timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018. Pada pertandingan final yang digelar Sabtu (11/8/2018). Saat itu timnas U-16 mengalahkan Thailand melalui drama adu penalti. Winger muda andalan Persebaya Surabaya, Mochammad Supriadi turut berperan mengantarkan Timnas U-16 meraih gelar tersebut.

Enam tahun yang lalu, Stadion Gelora Delta juga menjadi saksi atas kesuksesan timnas Indonesia U-19 di kompetisi Piala AFF U-19. Rekrutan anyar Persija Jakarta, Evan Dimas Darmono kala itu berhasil membawa timnas U-19 keluar sebagai juara. 

Lalu kepada siapakah Gelora Delta Sidoarjo akan berpihak sore nanti?

Sejak awal penyelenggaraannya pada tahun 2002, Piala Gubernur Jatim selalu dimenangkan oleh kontestan asal Jawa Timur. Persik Kediri dan Persela Lamongan merupakan tim dengan raihan gelar terbanyak yakni lima trofi. Sedangkan Persebaya dan Arema sama-sama baru mendapat satu piala.

Hari ini, Persija Jakarta sebagai tim yang berasal dari luar Jawa Timur akan dihadapkan pada tradisi tersebut. Jika berhasil mendapatkan gelar juara, maka Persija akan menjadi tim undangan pertama yang mampu berjaya di Piala Gubernur Jatim. 

Penampilan Persija di ajang ini begitu cemerlang. Macan Kemayoran belum pernah terkalahkan pada empat laga sebelumnya. Unggul 4-1 atas Persela Lamongan (11/2), kemudian menang tipis 1-0 melawan Sabah FA (13/2), serta berbagi poin 1-1 dengan Arema FC (14/2). Pada babak semifinal, Marco Simic dan kawan-kawan mampu kembali menang, mengalahkan Madura United dengan skor 2-1 (17/2).

Namun, langkah Persija di final Piala Gubernur Jatim 2020 tidak akan mudah pada laga penentu ini. Anak asuh Sergio Farias harus menuntaskan lawan tangguh, Persebaya Surabaya. Tim ibu kota Jawa Timur tersebut tentunya akan tampil habis-habisan di depan ribuan pendukungnya yang sudah mulai memadati Gelora Delta Sidoarjo sejak semalam (19/2/2020). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com